Friday, June 19, 2015

Review Plants Vs Zombies 2

Sebelum Artikel ini, Sebenarnya GameSaku sudah mempunyai dua artikel yang sudah menjelaskan mengenai preview dan juga sistem IAPnya secara lengkap. Namun saya masih merasa perlu untuk memberikan review setelah bermain game ini cukup lama. Overall siapapun yang memiliki gadget iOS wajib mempunyai game yang satu ini. Sayangnya masih belum ada kabar tentang kapan versi Androidnya akan keluar.

Gameplay

Gameplay dari Plants vs Zombies 2 masih bisa dibilang mirip dengan versi pertamanya, kalian harus mempertahankan sebuah rumah dari serangan zombie yang datang dari sebelah kanan. PvZ 2 juga mempunyai beberapa plants (tower) dan juga beberapa tower klasik dari sebelumnya. Namun perubahan paling signifikan bukan dari core gameplaynya namun dari bagaimana cara kalian maju ke level selanjutnya.
Plants vs Zombies terbagi atas 3 dunia dengan tema yang berbeda mulai dari zaman mesin kuno sampai dengan tema koboi. Setiap dunia terdiri dari sekitar 20 level, namun tidak semua level dapat langsung dimainkan. Ada beberapa gerbang yang harus dibuka dengan menggunakan kunci. Kunci ini didapat dari bermain biasa, namun kemungkinan drop rate-nya cukup kecil sehingga kalian mungkin harus mengulang beberapa level sampai mendapatkan kunci.
Dalam 1 dunia terdapat sekitar 4 gerbang yang harus kalian buka dengan kunci. Setiap gerbang harus dibuka dengan kunci sebanyak 4-6 kunci, jadi kalian bisa bayangkan bahwa Plants vs Zombies 2 akan memaksa kalian untuk sedikit melakukan grinding. Tapi tentu saja jika kalian tidak suka grinding maka kalian dapat membayar Rp. 19.000 untuk membuka gerbang secara instant.
Setelah urusan gerbang selesai maka selanjutnya kalian harus berurusan dengan bintang. Bintang diperlukan untuk bisa maju ke dunia selanjutnya. Jika kalian menyelesaikan semua level sebanyak 1x maka bintang yang kalian dapat tidak akan cukup untuk membawa kalian ke dunia selanjutnya dan ini berarti kalian harus mengulang beberapa level untuk mendapatkan bintang. Namun seiring kalian mengulang sebuah level akan ada tantangan yang harus dipenuhi, misalkan jangan sampai kehilangan 1 plants. Jika gagal memenuhi tantangan ini maka tidak akan ada bintang walaupun kalian berhasil mengalahkan levelnya.
Untuk Mode terbaru gameplay Plants vs Zombies 2 menawarkan lebih banyak mode seperti mencocokkan tile yang dibawa oleh zombie atau kalian akan diberikan sejumlah sun di awal dan harus membangun plants dengan budget yang terbatas. Selain itu ada sebuah mode baru dalam setiap world yang secara tidak langsung merupakan endless tower namun dengan sistem level progresif.
Nilai Rata-rata dari Game  Plants vs Zombies 2 ini tidak terlalu berbeda jauh dengan seri sebelumnya. Namun kali ini kalian harus melakukan grinding yang sebenarnya bukan hal buruk. Saya have fun dengan proses grindingnya walaupun terkadang sebuah level bisa cukup sulit dan membutuhkan 3-4 kali percobaan untuk menemukan penempatan plants yang tepat. Namun kalian dengan jelas bisa melihat pergeseran dari sebuah game casual ke game yang sedikit mid-core.

Presentation


Plants vs Zombies 2 mempunyai kualitas grafis yang baik sekali. Grafisnya jauh lebih tajam dan detail jika dibandingkan dengan versi sebelumnya tapi tetap mengandalkan gaya 2 dimensi. Dengan begitu banyak variasi plants dan zombies saya rasa kalian tidak akan pernah bosan melihat gambar yang ditampilkan oleh PvZ 2. Sound dan musiknya juga masih menggunakan nuansa yang mirip dengan seri sebelumnya sehingga segi presentasi dari Plants vs Zombies 2 akan membuat kalian sangat familiar dengan gamenya jika kalian sudah pernah memainkan seri sebelumnya.

Pricing & IAP

Saya sudah mempunyai artikel detail mengenai pricing & IAPnya di sini. Kesimpulannya, Plants vs Zombies 2 memang mempunyai banyak titik yang dapat dijadikan IAP namun sampai sekarang saya tidak sampai merasa harus membeli IAP, walaupun memang beberapa tower seperti Jalapeno sangat menggoda untuk dibeli. Namun untungnya beberapa power up yang dijual dapat kalian gunakan seiring game berjalan (tidak perlu beli jika cukup sabar bermain).

Verdict

Plants vs Zombies 2 adalah game yang super fun untuk dimainkan. Walaupun banyak IAP yang diimplementasikan dalam game ini namun tidak ada keharusan untuk membelinya. Bahkan saya tidak keberatan jika harus membayar Rp 9.500- 19.000 untuk game ini dan tetap mempunyai IAP yang sama. Plants vs Zombies 2 tidak mempunyai peningkatan yang signifikan namun improvement di sana-sini membuat game ini wajib dimiliki oleh kalian.
App Store Link: Plants vs Zombies 2, Gratis
Tonton Official Trailer Plants Vs Zombie 2 disini

Terima Kasih sudah berkunjung, datang pada tempat dan lain waktu, Nantikan Artikel yang akan keluar selanjutnya.

Share this

13 Responses to "Review Plants Vs Zombies 2"

  1. izin sedot gan ,lumayan buat koleksi

    ReplyDelete
  2. wah lumayan buat jadi bahan video, thanks gan izin comot

    ReplyDelete
  3. Wah, tambah keren nih Plant vs Zombie 2 nya.

    ReplyDelete
  4. yuhuuuu,,, lumayan buat ngisi waktu boring,
    Comot ah

    ReplyDelete
  5. Gan.. Cara buka gerbang terakhir gimana??
    Padahal gerbang yg lain udah full menang

    ReplyDelete
  6. Gan.. Cara buka gerbang terakhir gimana??
    Padahal gerbang yg lain udah full menang

    ReplyDelete

No Porn*! No Racism! Membandel Delete.